Iker Casillas Kiper tangguh di Euro 2016

Iker Casillas Kiper tangguh di Euro 2016

Iker Casillas Kiper tangguh di Euro 2016 – Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2016 atau yang lebih dikenal dengan Euro 2016 akan segera diselenggarakan pada musim panas 2016 tahun ini. Pertandingan yang akan diperluas menjadi 16 hingga 24 tim pada tahun ini dihadiri oleh beberapa deretan pemain tangguh, yaitu seperti; Iker Casillas. Pria kelahiran Madrid, 20 mei 1981 ini dikenal sebagai penjaga gawang yang bermain di dua klub, yaitu FC Porto dan tim nasional Negara kebanggannya, Spanyol. Seperti Buffon, Casillas juga merangkap dua jabatan di klubnya, yaitu menjadi kipper dan kapten. Akan tetapi, berbeda dengan Buffon, ia menjadi kapten di klub sepak bola kelahirannya yang telah ia ikuti semenjak ia berumur 8 tahun. Pria yang tadinya dikenal sebagai salah satu pemain Real Madrid FC ini akhirnya berpindah klub pada tahun 2015 lalu.

 

Kiper yang saat ini sudah memasuki usia 34 tahun memulai karirnya pada tahun 1990 dan ia berhasil mengalahkan rekor Paco Buyo yang bermain pada 454 pertandingan. Casillas akhirnya menjadi kipper Real Madrid yang paling sering bermain sepanjang masa Real Madrid beraksi. 2012 adalah tahun yang paling gemilang untuk Casillas, ia juga mendapatkan penghargaan Kiper Terbaik versi IFFHS atau International Federation of Football History & Statistic pada tahun 2011-2012, dan juga kipper yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut sebanyak empat kali. Selain mendapatkan pengargaan Kiper Terbaik oleh IFFHS, Casillas juga meraih gelarnya di La Liga tahun 2012.

Namun sepertinya pria yang meraih penghargaan sarung tangan emas pada Piala Dunia 2010 lalu ini rela menjadi pemain cadangan di Euro 2016 ini, pasalnya Vicente del Boque, sang pelatih tim nasional spanyol ini menyatakan bahwa si sarung tangan emas ini tetap berada dalam squad La Furia Roja akan tetapi menjadi pemain pengganti, “Casillas ingin berada di Euro 2016, walaupun hanya sebagai pemain pengganti. Itu adalah sikap seorang atlet yang telah memenangi segalanua,” ucap Del Bosque pada kamis 28 Januari lalu, sambil terus bangga dengan pemainnya yang walaupun sudah mempunyai jam terbang yang tinggi akan tetapi tetap rendah hati.

Casillas yang dahulu pernah menjadi kipper termuda ketika bermain di final Liga Champions, yang pada saat itu masih berumur 18 tahun adalah contoh sangat baik bagi para pemain baru, bahwa menyikapi baik pilihan tim adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemain kelas atas. Casillas berbagi kesempatan dengan David de Gea untuk menjadi kipper utama tim nasionalnya di pertandingan Euro 2016 ini “Iker adalah pemain yang unik. Ia telah berada dalam tim begitu lama dan namanya akan dikenang dalam sejarah olahraga. Ia menjadi contoh yang baik untuk pemain Spanyol yang berprilaku baik,” ungkap sang pelatih.

Kabar menyebutkan bahwa Del Boaque memilih Casillas menjadi pemain cadangan dikarenakan Casillas gagal menangkap bola yang di serang oleh Bakary Sare, yang membuat Del Bosque memilih De Gea menjadi kiper utama untuk Spanyol di Euro 2016 ini, namun sepertinya kabar tersebut tidak benar, karena Del Bosque langsung membantah kabar adanya tersebut “Casillas memang membuat kesalahan, tidak mungkin tidak. Tetapi yang penting adalah dia berada dalam kondisi prima untuk Euro 2016,” ujarnya.

Namun menjadi pemain cadangan sebenarnya bukanlah akhir dari segalanya bagi Casillas,  walaupun ia sudah berhasil menaklukkan Inggris dalam uji coba pada November 2015 lalu yang di mainkan di Estadio Jose Rico Perez, Alicante dan berarti ini adalah dampak positif bagi La Furia Roja untuk tampil di EURO 2016 “kami kemudian memenanginya, dan ini sangat postif bagi kami sebelum menuju EURO 2016,” ujar Casillas, akan tetapi pelatihnya masih tetap bulat menempatkan Casillas di bangku cadangan. Del Bosque juga yakin bahwa Casillas telah pulih dari rasa takutnya di pertandingan yang lalu saat ia tidak mampu menangkap bola yang diberikan oleh Bakary Sare. Menurut pelatihnya, tidak ada yang tidak pernah melakukan kesalahan, dan hal itu berlaku juga untuk Casillas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *