Kalah Telak Dari Barca Gary Neville Tetap bertahan di Valencia

Kalah Telak Dari Barca Gary Neville Tetap bertahan di Valencia

Kalah Telak Dari Barca Gary Neville Tetap bertahan di Valencia – Tugas Gary Neville sebagai manajer sementara bagi Valencia hingga akhir musim ini sepertinya akan semakin berat. Valencia merupakan klub pertama yang ditangani Neville sebagai seorang manajer. Tantangan besar ada di hadapan mantan bek kanan Manchester United tersebut karena ia harus menangani tim dengan kualitas skuad kelas menengah di negara asing dimana hampir semua orang tidak berbicara dengan bahasa Inggris. Meski belum berhasil memberikan kemenangan di kompetisi La Liga; Neville sempat memberikan harapan di kompetisi Copa del Rey karena berhasil lolos hingga partai semi final. Namun kegembiraan tersebut hanya sesaat karena Valencia harus bertemu Barcelona di babak semifinal Copa del Rey dan hasil dari leg pertama di Camp Nou terbilang sangat mengecewakan.

Valencia Dibantai Barcelona Dengan Skor Telak 0 – 7

Nasib kurang beruntung dialami oleh Valencia pada leg pertama semifinal Copa del Rey menghadapi Barcelona. Bertindak sebagai tim tamu; Valencia dibantai tim tuan rumah 7 gol tanpa balas. Semenjak ditunjuk sebagai manajer sementara di Valencia; Gary Neville belum berhasil menang di 8 pertandingan La Liga yang ia jalani. Rekor kurang mengesankan tersebut harus berlanjut di kompetisi Copa del Rey dan bersiap tersingkir dari kompetisi tersebut. Tanda – tanda hasil kurang baik sebenarnya telah dirasakan saat pertandingan baru berlangsung 7 menit. Neymar berhasil merebut bola dari Andre Gomes saat masih di sisi lapangan kubu Valencia dan mengumpan kepada Suarez dan penyerang mungil tersebut berhasil mengecoh penjaga gawang Mattew Ryan dengan tendangan keras menyusur tanah.

Selang 5 menit kemudian Suarez kembali mencetak gol. Kali ini pergerakan Barcelona diawali oleh umpan terukur Sergio Busquets kepada Alex Vidal yang langsung mengirim bola ke Suarez pada sentuhan pertama. Sebuah tendangan keras yang gagal diantisipasi Ryan membawa Barcelona unggul 2 – 0 di menit 12. Berkat gol tersebut Suarez berhasil mencatat 33 gol dari 33 pertandingan yang ia jalani musim ini. Gol ketiga Barcelona dicetak oleh Lionel Messi setelah memanfaatkan umpan back heel Neymar yang sebelumnya mendapat umpan dari Andres Iniesta. Valencia harus bermain dengan 10 pemain di babak kedua setelah Shkodran Mustafi mendapat kartu merah pada injury time babak pertama karena melanggar Lionel Messi yang berpeluang mencetak gol. Neymar yang memberi assist bagi gol pertama Suarez dan Messi berpeluang mengubah kedudukan menjadi 4 – 0 melalui eksekusi penalti; namun tendangan penyerang asal Brazil tersebut hanya mengenai tiang gawang.

Messi mencetak gol keduanya di menit 58 setelah mendapat umpan dari Suarez dan melewati barisan pemain belakang Valencia untuk mencetak gol ke-500 sebagai pemain Barcelona. Valencia sebenarnya sempat mendapat peluang memperkecil ketinggalan; namun gol Rodrigo di menit 67 dianulir wasit karena sang pemain lebih dahulu berdiri pada posisi offside. Messi mencetak hatrik di menit 74 setelah para pemain Barcelona memanfaatkan kecerobohan Daniel Parejo yang kehilangan bola. Barcelona menambah keunggulan menjadi 6 – 0 di menit 83 setelah Suarez berhasil memanfaatkan umpan Sergi Roberto dari tiang jauh. Suarez masih menambah 1 gol lagi di menit 88 untuk mencatat 35 gol di 33 pertandingan musim ini dan membuat leg kedua di Stadion Mestalla pekan depan seperti sebuah laga formalitas saja.

Gary Neville Tidak Akan Mundur Dari Jabatan Manajer Valencia

Meski masih belum berhasil memberi kemenangan di 8 laga La Liga serta hampir dipastikan tersingkir dari kompetisi Copa del Rey; Gary Neville mengaku ia tidak akan mengundurkan diri dari jabatan manajer di Valencia hingga kontraknya berakhir pada penghujung musim ini. Gary yang didampingi sang adik Phillip di posisi asisten manajer Valencia mengaku akan bertahan di jabatan tersebut kecuali pihak manajemen klub menginginkan dirinya berhenti. Valencia memang dipermalukan oleh Barcelona yang memang memiliki kelas lebih baik serta memiliki keuntungan 1 pemain lebaih banyak. Bermain dengan 10 pemain di babak kedua sedikit banyak berpengaruh pada keseimbangan permainan. Neville mengaku kekalahan 0 – 7 tersebut merupakan salah satu hal terburuk yang pernah ia alami dalam dunia sepakbola. Ia juga mengakui tim asuhannya banyak melakukan kesalahan sehingga memberi peluang para pemain Barcelona untuk mencetak gol dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *