Profil Stadion Stade Geoffroy Guichard di Saint Etienne

Profil Stadion Stade Geoffroy Guichard di Saint Etienne

Stadion menjadi salah satu komponen yang penting dalam sebuah permainan sepak bola. Belum lagi pada pertandingan-pertandingan besar seperti kejuaraan Dunia sepak bola, stadion menjadi salah satu yang menarik untuk diketahui. Euro 2016 juga termasuk kedalam kejuaraan sepak bola yang cukup besar dan terkenal di seluruh dunia, mengingat sepak bola eropa tergolong pada sepak bola yang bagus. Pergelaran Euro 2016 pun tentunya menjadi begitu menarik untuk diketahui oleh banyak sekali pecinta sepak bola di dunia. Prancis yang menjadi tuan rumah Euro 2016 pun ikut serta menjadi pusat perhatian para pecinta sepak bola Eropa. Semua orang ingin tahu tentang seberapa besar dan seberapa lancar tingkat persiapan yang dilakukan oleh Prancis.

Dalam sorotan dunia,  persiapan yang dilakukan oleh Prancis pun tergolong baik. Tidak tanggung-tanggung, sebagai tuan rumah yang baik, Prancis sudah mempersiapkan 10 stadion untuk menjamu 23 negara Eropa yang lain, yang siap untuk bermain di negara tersebut. Ke 10 stadion tersebut tentunya bukan sembarang stadion yang dipilih. Stadion tersebut dipersiapkan dengan baik oleh Prancis. Beberapa stadion tua bersejarah dipersiapkan dengan cara melakukan perbaikan, baik itu berpaikan kecil maupun perbaikan besar. Ada juga stadion yang memang dibangun khusus untuk Euro 2016 mendatang. Salah satu stadion yang sudah dipersiapkan oleh Prancis untuk Euro 2016 mendatang yaitu Stade Geoffroy-Guichard.

Stade Geoffroy-Guichard, merupakan salah stadion yang terletak di Saint-Etienne, Prancis. Meskipun digunakan untuk berbagai hal, stadion ini tentunya paling utama digunakan untuk pertandingan sepak bola. Stadion yang satu ini pertama kali dibangun pada 1930 silam. Selain itu, stadion yang satu ini diresmikan pada 13 September 1931. Termasuk ke dalam stadion yang berumur cukup tua, stadion yang satu ini tentunya pernah beberapa kali mengalami renovasi. Renovasi yang pertama, dilakukan pada tahun 1983-1984, selain itu renovasi yang kedua dilakukan pada tahun  1996-1998. Dan stadion in terakhir kali mengalami renovasi pada tahun 2011-2014 yang lalu. Termasuk ke dalam stadion yang belum lama direnovasi, tentunya stadion yang satu ini menjadi salah satu stadion yang masih berada dalam kondisi yang bagus.

Stadion ini merupakan rumah bagi AS Saint-Etienne, atau tim sepak bola kebanggaan kota mereka. Dengan umur yang sudah cukup tua, mungkin stadion ini bukanlah stadion yang paling besar yang dimiliki oleh Prancis. Meski demikian, stadion yang satu ini cukup menjadi salah satu stadion bersejarah yang dimiliki oleh Prancis. Prancis pun pernah beberapa kali menggunakan stadion ini untuk ajang internasional. Stadion yang satu ini pernah dipergunakan untuk pertandingan Euro 1984 dan juga menjadi salah satu stadion yang digunakan dalam pertandingan FIFA World Cup pada 1998 silam.

Setelah melewati beberapa kali renovasi, stadion yang satu ini selalu memiliki perbesaran dalam hal kapasitas. Renovasi yang terakhir kali dilakukan membuat stadium yang satu ini akhirnya memiliki kapasitas sebesar 42.000 kursi penonton. Selain itu, yang perlu Anda ketahui dari stadion yang satu ini yaitu tentang bentuknya. Perlu Anda ketahui, stadion yang satu ini dibangung dengan gaya Inggris, dimana berarti tidak ada tempat duduk pada setiap sudutnya. Setiap sisi tempat duduk dari stadion ini pun memiliki nama-nama tersendiri. Pada tempat duduk pertama, tempat duduk ini bernama Charles Paret dan memiliki sebanyak 8.451 kursi. Jean Snella, merupakan sisi duduk kedua yang dilengkapi dengan 8.767 kursi. Selain itu, ada Pierre Faurand yang memilik 7.993 kursi, termasuk ada 18 kotak dan sebanyak 1200 kursi kelas VIP. Selain itu, yang terakhir yaitu Henri Point yang memiliki 10.315 kursi dimana 1200 kursi di dalamnya merupakan kursi fans pengunjung.

Pada Eruo 2016 yang akan di gelar di Prancis, stadion yang satu ini akan menggelar beberapa kali pertandingan penting antar tim dan juga pertandingan  babak 16 besar. Protugal dan Islandia akan bertading pada 14 Juni 2016 di stadion tersebut dan ini merupakan pertandingan Grup F. Grup D dengan Ceko dan Kroasia pun akan menggunakan stadion yang satu ini pada 17 Juni 2016. Sementara dari Grup B, Slovakia siap untuk melawan Inggris pada 20 Juni 2016 mendatang. Pada 25 Juni 2016, gilirann babak 16 besar akan digelar. Demikian tentang Stade Geoffroy-Guichard untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *